Laman

Jumat, 22 November 2013

Contoh Essay

Mungkin teman-teman ada yang bingung dengan bentuk essainya itu seperti apa, ini dia contoh essay yang dapat teman-teman pelajari. Selamat berkarya! :)

Kang Demik (Kakak Angkat Akademik) Sebagai Sebuah Program Untuk Meningkatkan Prestasi Mahasiswa Kedokteran Unsoed
Nama Penulis  (NIM)

Seluruh mahasiswa kedokteran pasti ingin memiliki nilai indeks prestasi yang tinggi dan lulus dengan predikat cumlaude. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, keinginan tersebut seolah sulit untuk dicapai. Hal ini dikarenakan meningkatnya kualitas maupun kuantitas materi yang harus dipelajari oleh mahasiswa sedangkan waktu yang dimiliki untuk mempelajari hal tersebut terbatas. Selain itu, adanya materi yang sulit dipahami jika hanya membaca dari teks book menambah kesulitan mahasiswa untuk mencapai mimpinya. Melihat permasalahan tersebut, saya mengusulkan sebuah program bernama Kang Demik (Kaka Angkat Akademik) untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi kuliah sehingga dapat meningkatkan prestasi mahasiswa tersebut.
Program Kang Demik dilakukan dengan membentuk suatu kelompok belajar yang dibimbing oleh satu orang kakak tingkat yang berperan sebagai kakak angkat akademik kelompok belajar tersebut. Setiap kakak angkat yang ditugaskan membimbing adik-adiknya merupakan kakak tingkat yang telah diseleksi dan diberi pelatihan untuk membimbing adik-adiknya dalam memahami materi kuliah kedokteran. Selain itu, setiap lima orang kakak angkat dipantau dan dibimbing oleh satu orang supervisor yang merupakan dosen pengajar. Supervisor berfungsi untuk memastikan bahwa proses pembimbingan oleh kakak angkat berjalan dengan baik dan materi yang diberikan telah tepat. Supervisor juga bertugas memberikan penjelasan pada permasalahan-permasalahan materi yang tidak dapat dijawab oleh kakak tingkat. Jika terdapat pertanyaan atau permasalahan pada materi kuliah yang tidak dapat dijawab oleh supervisor, supervisor dapat mengonsultasikan hal tersebut kepada konsultan yang ahli pada bidang tersebut. Misalkan terdapat pertanyaan mengenai sistem endokrin yang tidak dapat dijawab oleh kakak angkat dan supervisor, supervisor bertugas untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada dosen yang merupakan ahli di bidang endokrinologi (misalkan kepada dokter spesialis penyakit dalam sub spesialis Endokrein-Metabolik-Diabetes). Dengan demikian, mahasiswa yang tergabung dalam kelompok belajar tersebut dapat memahami materi kuliah dengan baik. Hal ini tentunya akan meningkatkan prestasi mahasiswa.
Berdasarkan penjelasan diatas, Program Kang Demik dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi kuliah yang didapatkan. Melalui program ini, pertanyaan dan permasalahan yang muncul saat bimbingan kelompok belajar dapat terselesaikan dengan baik. Karena hal tersebut, Program Kang Demik dapat menjadi solusi untuk meningkatkan prestasi Mahasiswa Kedokteran Unsoed.

Kalo mau lihat versi pdfnya silahkan download disini : https://drive.google.com/file/d/0B3kIjcoGstVJa0dCd2pNaGRMbXM/edit?usp=sharing


0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright 2010 Medical Urgent | UKM Research FK UNSOED. All rights reserved.